Selasa, 04 Januari 2011

Taukah kamu KATAK TERANEH didunia?

1. Katak Indian Balloon
Katak ini adalah salah satu katak teraneh di dunia dimana katak ini mempunyai mulut yang kecil sekali dengan badan yang sangat besar dan menggelembung seperti balon. katak ini bisa dijumpai di negara India. 




2. Katak Transparan
Katak ini mempunyai nama dalam bahasa latin Hyalinobatrachium pellucidum, juga disebut sebagai katak kaca atau kristal karena semua isi badannya bisa dilihat melalui dagingnya yang tembus pandang. Katak ini juga sudah langka dan terancam punah di dunia ini.



3. Katak Hochstetter
Kalau anda suka bermain petak umpet, maka sangat cocok bagi anda untuk punya hewan piaraan katak ini. Katak ini juga langka dan hanya bisa dijumpai di North Island, Selandia Baru. Katak ini termauk berukuran kecil dan hanya mempunyai panjang 48mm (sekitar setengah centimeter). Dijamin anda tidak mungkin bisa menemukan katak jenis ini di villa di puncak ataupun di tanah kosong kompleks perumahan anda. 


4. Katak Bertanduk
Katak ini dikenal juga dengan nama Horned Treefrog. Sesuai dengan namanya, katak ini habitatnya di pohon-pohon (bukan di kolam) dan terdapat di Brazil, Argentina, dan Paraguay. Katak ini termasuk dalam famili Proceratophrys. 



5. Katak Berbulu
Katak berbulu dikenal juga dengan nama Hairy Frog terdapat di Afrika Pusat. Katak ini berbulu di badan dan paha katak cowok jauh lebih besar daripada cewek nya. Katak berbulu ini dipanggang dan dimakan di negara Kameron.



6. Katak Bertelinga
Katak Borneo Eared ini terancam punah dan mungkin merupakan satu-satunya jenis katak yang mempunyai telinga. Katak ini terdapat di Brunei, Indonesia, dan Malaysia. Habitat nya adalah subtropis dan tropis. Wah..kenapa kita yang berada di indonesia ini tidak pernah melihat katak ini ya. 


7. Katak Darwin
Katak Darwin chili cukup banyak terdapat pada saat sekitar tahun 1978, akan tetapi katak itu mulai langka seiring dengan berjalan nya waktu dan sekarang mungkin spesies ini sudah punah. Katak Darwin ini hidup di daun sampah di lantai hutan, dan mempunyai cara yang agak lain dalam hal pengasuhan anak-anaknya. Katak jantan akan  mengambil telur dari sarang ke vokalnya kantung tempat mereka menetas menjadi kecebong setelah sekitar delapan hari. Ketika mulai merasakan kecebong yang baru menetas menggeliat-geliat, katak jantan membawa mereka ke sungai di mana ia melepas katak muda dan di sini mereka menyelesaikan metamorfosisnya.



8. Katak Beracun
Katak beracun ini mempunyai warna biru safir. Katak ini termasuk dalam keluarga Dendrobatidae dan merupakan katak asli Amerika Tengah dan Selatan. Tidak seperti kebanyakan katak, spesies yang aktif di siang hari, dan sering menunjukkan tubuh berwarna cerah. Walaupun semua katak dalam keluarga dendrobatids ini beracun tetapi tingkat racunnya berbeda-beda dari satu spesies ke spesies lainnya. Banyak spesies keluarga ini yang sudah langka dan terancam punah. Amfibi ini sering disebut "katak panah" oleh penduduk asli indian karena menggunakan racun katak ini untuk meracuni ujung anak panah mereka.


9. Katak Suriname
Karena penampilannya, katak Suriname kelihatan seperti makhluk mati. Katak ini mempunyai banyak nama lain seperti Rana Comun De Celdillas, Sapo Chinelo, dan Sapo De Celdas. Spesies ini bisa dijumpai di Amerika Selatan dan tinggal di hutan-hutan yang lembab. Katak ini juga sudah hampir punah.


10. Katak Atelopus 
Katak Atelopus yang dikenal juga dikenal dengan katak badut atau Kosta Rika Variable Harlequin Toad. Katak, ini merupakan jenis katak neo-tropis yang dulunya gampang ditemukan tersebar di seluruh Kosta Rika dan Panama. Akan tetapi spesies ini sekarang terancam kritis dan langka hanya tersisa di Panama.



11. Katak cope's grey
Apa anda capek dengan katak yang warna warni? kata Cope's Grey ini cocok untuk anda. Species ini terdapat di Amerika dan merupakan katak pohon. Akan tetapi katak ini akan mencari kolam kalau sudah musim kawin. 



12. Katak Holy Corss
Katak ini terdapat di Australia dan mungkin merupakan katak yang aneh dan agak menakutkan. Katak ini berwarna warni, bentuknya sangat bulat, dan mempunyai kaki-kaki yang sangat kecil. Besarnya bisa mencapai 6.3 cm untuk yang jantan dan 6.8cm untuk betina.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar